Minggu, 25 Januari 2015

pengenalan jendela microsoft word

Microsoft Word adalah system perangkat lunak pengolah kata yang di gunakan untuk membuat dokumen,skripsi,dan data-data.
*Cara 1 Menjalankan Ms.Word adalah :
Start --» Program --» (Microsoft Office) --» Microsoft Word
*Cara 2 Menjalankan Ms.Word :
klik 2 kali shortcut ms.word pada tampilan dekstop
*Cara 3 Menjalankan Ms.Word :
Klik kanan pada shortcut ms.word lalu klik open
*Cara 4 Menjalankan Ms.Word Melalui RUN :
Klik start menu => klik program => klik accesories => klik RUN

Pada Microsoft Word 2007 terdapat menu dan ikon:
1. Menu Tab
Jendela ini umumnya berisi menu, tool, dan fitur lainnya yang memiliki fungsi tertentu. Tampilan MS         Word 2007 memiliki lingkungan kerja yang terdiri dari tab-tab yang berisi kumpulan toolbar. Secara keseluruhan, terdapat 7 baris tab utama dalam Microsoft Word 2007. Ketujuh tab tersebut terdiri atas Home, Insert, Page Layout, References, Mailings, Review, dan View.
Masing-masing tombol yang terdapat pada setiap tab Microsoft Word 2007 secara maksimal.









a. Tab Home
    

Tab Home adalah tab yang berisikan kumpulan menu-menu standar. Pada Microsoft Word 2007, perintah-perintah didominasi dalam bentuk tab, di mana pada setiap bab berisikan sekumpulan tombol perintah. Kumpulan tombol-tombol perintah tersebut hanya muncul pada saat tab diaktifkan.tab home terdiri dari
1) Sumbenu Clipboard
    Sumbenu ini berisi ikon-ikon seperti paste, cut, copy, dan format painter.
2) Submenu Font
    Submenu ini berisi ikon-ikon seperti Font, Font Size, Grow Font, Shrink Font, Clear Formatting, Bold,     Italic, Underline, Strikethrough, Subscript, Superscript, Change Case, Text Highlight Color, dan Font Color.
3) Submenu Paragraph
    Submenu ini terdiri dari ikon-ikon seperti Bullet, Numbering, Multilevel List, Decrease Indent, Increase Indent, Sort, Show/Hide, Align Text Left, Align Text Right, Justify, Line Spacing, Shading, serta Border dan Shading.
4) Submenu Style
    Submenu ini terdiri dari ikon-ikon seperti Emphasis, Heading 1, Normal, Strong, dan Chane Case Style.
5) Submenu Editing
    Submenu yang terakhir ini terdiri dari ikon-ikon Find, Replace, dan Select


b. Tab Insert

Tab Insert digunakan untuk memasukkan instruksi-instruksi ke dalam dokumen. Perhatikan tampilan tab Insert pada gambar berikut. Bagian-bagian dari Tab Insert tersebut dapat Anda pilih lih



 



a.     Submenu Pages
    Pada submenu ini terdapat ikon-ikon seperti Cover Page, Blank Page, dan Page Break.
b.    Submenu Tables
    Submenu ini terdiri dari ikon-ikon Insert Table, Draw Table, Convert Text to Table, Excel         Spreadsheet, dan Quick Tables.
c.    Submenu Ilustrations
    Submenu ini terdiri dari ikon-ikon Picture, Clip Art, Shapes, SmartArt, dan Chart.
d.   Submenu Links
    Submeni Links terdiri dari ikon-ikon seperti Hyperlink, Bookmark, dan Cross-References
e.     Submenu Header dan Footer
    Submenu yang ini terdiri dari ikon-ikon seperti Header, Footer, dan Page Number.
f.     Submenu Text
    Submenu Text terdiri dari ikon-ikon seperti Text Box, Quick Parts, WordArt, Drop Cap, Signature Line, Date & Time, dan Object.
g.    Submenu Symbol
    Submenu yang terakhir ini terdiri dari ikon-ikon seperti Equation dan Symbol.
c. Tab Page Layout
    Tab Page Layout digunakan untuk mengatur tata letak data, yang meliputi pengaturan halaman, memberi warna background pada lembar kerja, mengatur spasi antarbaris, membuat kolom pada teks, dan mengatur indentasi.



1.    Themes
 Submenu Themes terdiri dari ikon-ikon Themes, Theme Color, Theme Fonts, dan Theme Effects.
2.    Page Setup
 Submenu Page Setup terdiri dari ikom-ikon Margins, Orientations, Size, Columns, Breaks, Line  Numbers, dan Hyphenation.
3.    Page Background
 Submenu Page Background terdiri dari ikon-ikonWatermark, Page Color, dan Page Borders
4.    Paragraph
Submenu Paragraph terdiri dari ikon-ikon Indent (Left dan Right) serta Spacing (Before dan After).
5.    Arrange
 Submenu Arrange terdiri dari ikon-ikon Position, Bring to Font, Send to Back, Text Wrapping, Align, Group, dan Rotate.
6.    Tab References
 Tab References digunakan untuk memasukkan berbagai perintah seperti menuliskan footnote (catatan kaki), membuat daftar isi, dan membuat tanda citasi.

D.Tab References


terdiri dari sub-submenu berikut:
Ø  Table of Contents
  Submenu ini terdiri dari ikon-ikon Table of Contents, Add Text, dan Update
Ø  Table Footnotes
  Submenu ini terdiri dari ikon-ikon Insert Footnote, Insert Endnote, Next Footnote, Show Notes.
Ø  Citations & Bibliography
 Submenu ini terdiri dari ikon-ikon Insert Citation, Manage Sources, Bibiliography Style, dan Bibiliography.
Ø  Captions
 Submenu ini terdiri dari ikon-ikon Insert Caption, Insert Table of Figures, Update Table, dan Cross-Reference.
Ø  Index
 Submenu ini terdiri dari ikon-ikon Mark Entry, Insert Index, dan Update Index.
Ø   Table of Authorities
 Submenu yang terakhir ini terdiri dari ikon-ikon Mark Citation, Insert Table Authorities, dan Update Table Authorities.
E.Tab Mailings 



 terdiri atas sub-submenu berikut:
Ø  Tab Mailings
 Tab Mailings berguna untuk membuat mail merger (surat massal), mengetik teks pada amplop, dan membuat label.

1.       Create
 Submenu Create terdiri dari ikon-ikon Envelopes dan Labels
 Start Mail Merge
 Submenu ini terdiri dari ikon-ikon Start Mail Merge, Select Recipients, dan Edit Recipients List.
2.      Write & Insert Fields
 Submenu ini terdiri dari ikon-ikon Highlight Merge Fields, Address Block, Greeting Line, Insert Merge Field, Rules, dan Update Labels.
3.      Preview Result
 Submenu ini terdiri dari ikon-ikon View Merged Data, First Record, Previous Record, Go To Record, Next Record, Last Record, Find Recipients, dan Auto Check for Errors.
4.      Finish
 Submenu Finish terdiri dari ikon Finish & Merge.
5.      Tab Review Tab Review berguna untuk mengecek kesalahan tata bahasa serta memproteksi dokumen.

 
E.    Tab Review terdiri dari sub-submenu berikut ini:
   1) Proofing
       Submenu ini terdiri dari ikon-ikon Spelling & Grammar, Research, Thesaurus, Translate, Translation ScreenTip, Set Languange, dan Word Count.
   2) Comments
       Submenu ini terdiri dari ikon-ikon New Comment, Delete Comment, Previous Comment, dan Next Comment.
   3) Tracking
       Submenu ini terdiri dari ikon-ikon Track Changes, Balloons, Display for Review, Show Markup, dan Reviewing Pane.
   4) Changes
       Submenu ini terdiri dari ikon-ikon Accepts and Move to Next, Reject and Remove to Next, Previous Change, Next, dan Change.
   5) Compare
       Submenu ini terdiri dari ikon-ikon Compare dan Show Source Documents.
   6) Protect
       Submenu ini terdiri dari ikon Protect Document.
F. Tab View
    Tab View digunakan untuk mengatur tampilan layar dan menampilkan garis bantu pada lembar kerja.

      Tab View terdiri dari sub-submenu berikut:
    1) Document Views
        Submenu ini terdiri dari ikon-ikon Print Layout, Full Screen Reading, Web Layout, Outline, dan Draft.
    2) Show/Hide
        Submenu ini terdiri dari ikon-ikon Ruler, Gridlines, Message Bar, Document Maap, dan Thumbnails.
    3) Zoom
        Submenu ini terdiri dari ikon-ikon Zoom, 100%, One Page, Two Pages, dan Page Width.
    4) Window
        Submenu ini terdiri dari ikon-ikon New Window, Arrange All, Split, View Side by Side, Synchronous Scrolling, Reset Window Position, dan Switch Windows.
    5) Macros
        Submenu ini terdiri dari ikon-ikon View Macros, Record Macros, dan Pause Recording.

2. Menu Office Button
    Office Button merupakan perintah utama dalam Microsoft Word 2007. Kegunaan dari menu ini adalah untuk mengakses perintah Standar Windows. Letak ikon menu Office Button terdapat pada pojok kiri atas jendela Microsoft Word 2007.

Apabila ikon kontrol menu tersebut diklik, maka akan muncul menu-menu perintah seperti New, Open, Convert, Save, Save As, Print, Prepare, Send, Publish, Close, Word Option, dan Exit Word.


Berikut ini sub-submenu yang terdapat pada Office Button:
a.         Menu Save As terdiri dari submenu Word Document, Word Template, Word 97-2003, Find add-ins for other file format, dan Other Formats.
b.        Menu Print terdiri dari submenu Print, Quick Print, dan Print Preview.
c.         Menu Prepare terdiri dari submenu Properties, Inspect Document, Encrypt Document, Restrict Permision, Add a Digital Signature, Mark as Final, Run Compatibility Checker
d.         Menu Send terdiri dari submenu E-mail dan Internet Fax.
e.         Menu Publish terdiri dari submenu Blog, Document Management Server, dan Create Document Workspace.
F     Menu Close untuk menutup Document.

3. Size Button (Tombol Ukuran Jendela)
    Jendela Microsoft Word 2007 dapat diatur sesuai keinginan melalui tombol pengatur. Tombol-tombol pengatur jendela Microsoft Word 2007 terletak di pojok kanan atas dari jendela Microsoft Word 2007.


    Jendela Microsoft Word 2007 dapat diatur sesuai keinginan melalui tombol pengatur. Tombol-tombol pengatur jendela Microsoft Word 2007 terletak di pojok kanan atas dari jendela Microsoft Word 2007.
   Bentuk-bentuk tombol tersebut adalah sebagai berikut:
   a. Minimize Button : untuk memperkecil jendela sehingga membentuk ikon pada taskbar.
   b. Restore Button : untuk memperbesar ukuran jendela hingga satu layar penuh dan mengembalikan jendela ke ukuran semula.
   c. Close Button : untuk menutup atau mengakhiri jendela aplikasi.

4. Ribbon dan Quick Access Toolbar
a. Ribbon merupakan baris perintah yang dapat dijalankan dengan mudah, terutama untuk perintah-perintah yang sering digunakan. Letak barisan tombol ini ada di bawah setiap tab.
b. Quick Access Toolbar merupakan fasilitas yang memberikan kemudahan access tool terhadap perintah-perintah tertentu. Quick Access Toolbar ini letaknya di pojok kiri atas, tepatnya di sebelah kanan Office Button. Setiap tombol dikenali menurut bentuk-bentuk ikon gambar yang masing-masing mewakili perintah tertentu dan berbeda perintah antara tombol satu dengan tombol lainnya. Tombol-tombol toolbar yang paling sering digunakan oleh pemula adalah toolbar-toolbar pada tab Home, Insert, dan Page Layout.



5. Scroll Bar dan Ruler
    Fasilitas lain dari Microsoft Word 2007 adalah adanya tombol Scroll Bar dan Ruler. Scroll Bar dapat digunakan untuk proses pengetikan dokumen yang membutuhkan tata letak dengan cara menggulung dokumen ke arah vertikal dan horizontal. Selain itu, dengan fasilitas Ruler (tampilan berbentuk penggaris) Anda dapat mengubah batas margin maupun pengaturan identasi paragraf.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar